Jumat, 20 Mei 2011

MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI INTERNAL MARKETING

oleh : Daru Asih
Publish : DIGNA Telaah dan Opini Proaktif
Abstract
The concept of internal marketing (IM) can be interpreted as the relationship between the organization's ability to market needs and wants. This means that organizations can adapt to business environment in providing added value to its customers. IM is a strategic weapon that help achieve quality of service is excellent, creating customer satisfaction better too. Company's competitive advantage can be achieved through customer orientation by first giving theemployee's satisfaction, so that employees can provide all the customersatisfaction

Di kebanyakan perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak di bidang jasa, peran karyawan
sangat menentukan dalam memberikan kepuasan pada pelanggan. Hal ini dikarenakan proses produksi dan konsumsi pada jasa terjadi secara simultan. Pemasaran jasa akan lebih mudah dipahami dengan pendekatan elemen-elemen gabungan antara produk dan distribusi, yang menekankan pada ketergantungan yang saling menguntungkan (mutualism) antara elemen-elemen tersebut.
Pendekatan ini memungkinkan manajemen untuk memfokuskan perhatian pada pen-tingnya peran karyawan dalam melayani konsumen.
Pemasaran, operasi dan manajemen sumber daya manusia pada jasa lebih saling terkait dibandingkan perusahaan manufaktur. Kegiatan manufaktur biasanya mempunyai jarak dari titik pembelian dengan konsumsinya, dan secara ............................

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).

Butuh Artikel/Jurnal lainnya ?, click di :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar